Wada’ah: Sesuatu yang diambil dari laut yang menyerupai rumah kerang, menurut anggapan orang-orang jahiliyah bisa digunakan sebagai penangkal penyakit.

Wahm: Salah praduga.

Wala’: Loyalitas, yang di dalam syari’at Islam memiliki tiga bentuk: mencintai, membela dan berpihak.

Wara’: Yakni meninggalkan segala sesuatu yang engkau khawatirkan akan menyusahkan atau merugikan di akhirat.

Zhahir: Lafazh yang mengandung penakwilan karena memiliki beberapa makna dan penunjukkannya bersifat dugaan. Lafazh yang mengandung penakwilan, dan dilalah-nya bersifat zhanni.

Zindiq: Suatu istilah untuk mengungkapkan orang yang tidak berpegang teguh kepada syari’at; orang yang menyatakan keabadian masa; orang yang menuhankan cahaya dan kegelapan; orang yang tidak beriman kepada akhirat dan keberadaan Allah; mulhid (atheis); atau juga orang yang menyembunyikan kekafiran dan menampakkan keimanan (munafik).

Zuhud: Yakni meninggalkan segala sesuatu yang tidak memberi manfaat di akhirat. Atau berpindahnya keinginan dari suatu hal pada apa yang lebih baik darinya. Zuhud di dunia akan memberikan kenyamanan pada hati dan badan. Sebaliknya keinginan pada dunia akan mendatangkan kegundahan dan kesedihan. Cinta pada dunia adalah pokok segala kesalahan. Sebaliknya kebencian padanya adalah sebab segala ketaatan. Zuhud di dunia yaitu dengan mengeluarkan dunia dari hati dan bukan berarti memisahkan dunia dari diri anda dengan disertai kebergantungan hati padanya. Ini adalah zuhudnya orang-orang yang jahil.
Advertisements