“Bertakwalah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Gambarkanlah akhirat dalam qalbumu, dan jadikanlah kematian antara kedua matamu. Janganlah lupa bahwa engkau akan berdiri di hadapa-Nya kelak. Takutlah kepada-Nya, jauhilah segala hal yang Dia haramkan, dan laksanakanlah yang Dia wajibkan. Hendaknya engkau bersama Allah (merasa selalu di awasi oleh-Nya) di manapun engkau berada.

Janganlah sekali-kali engkau menganggap kecil nikmat Allah kepadamu, walaupun nikmat itu sedikit. Balaslah nikmat tersebut dengan bersyukur. Jadikanlah diammu sebagai tafakkur, pembicaraanmu sebagai dzikir dan pandanganmu sebagai pelajaran.

Maafkanlah orang yang mendzalimimya, sambunglah silarurrahmi kepada orang yang memutusnya terhadapmu. Berbuat baiklah kepada siapapun kepada orang yang berbuat jelek kepadamu. Bersabarlah terhadap segala musibah, dan berlindunglah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dari api neraka dengan ketakwaan.”

Nasihat menjelang wafatnya Al Imam Asy Syafi’i رحمه الله kepada Al Imam Al-Muzany رحمه الله. Tarikh Dimasyqi karya Al Imam Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad Ibnu Asakir رحمه الله]

Disadur dari Majalah QUDWAH Edisi 3 Volume 01/1433H/2012M

Bc Tgram “Islamic Center Unaiza_Indo”

Baca juga:

Advertisements