Dalam bahasa Arab, kata “Tauhid” adalah kata dasar (masdar) dari kata ahada, yahudu, tauhid. Artinya menjadikan sesuatu itu menjadi hanya satu. Secara ilmu syar’i (terminologi), tauhid berarti mengesakan Allah Azza wa Jalla terhadap sesuatu yang khusus bagi-Nya, baik dalam Uluhiyah, Rububiyyah, maupun Asma’ Wash-Shifat (Asma’ dan Sifat-Nya). Tauhid berarti beribadah hanya kepada Allah saja.

Hendaknya seorang hamba meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah sajalah Rabb dan Pemilik atas segala sesuatu. Dialah satu-satunya Sang Pencipta dan Pengatur Alam Semesta. Dialah yang berhak untuk disembah tidak ada sekutu bagi-Nya, dan setiap sesembahan selain-Nya adalah bathil.

Dia memiliki sifat yang penuh dengan kesempurnaan dan suci dari segala aib dan kekurangan serta bagi-Nya Asma’ al-Husna (nama-nama yang bagus) dan Sifat-sifat yang Maha Tinggi.

Banyak sekali dalil tentang tauhid, seperti firman Allah سبحانه وتعالى,

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” [QS. adz-Dzariyat: 56]

Firman Allah سبحانه وتعالى lainnya,

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَّ‌سُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّـهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): ‘Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu’,…” [QS. an-Nahl: 56]

Menurut Allamah Ibnu Qayyim رحمه اللة, tauhid yang diserukan oleh para Rasul dan kitab-kitab suci turun turun dengannya, ada dua macam:

  1. Tauhid al-Ma’rifah wa al-Itsbat, yaitu mentauhidkan Allah dengan mengenal dan menetapkan yang wajib bagi Allah.
  2. Tauhid ath-Thalab wa al-Qashd, yaitu bertauhid dengan meminta pahala dan kebaikan dari Allah dan menjadikanNya sebagai tujuan dan niat.

Referensi bacaan:

  • Al-Qur-anul Karim dan terjemahannya
  • Fathul Majid: Penjelasan Lengkap Kitab Tauhid, (terjemahan), Imam Muhammad bin Abdul Wahhab رحمه اللة , Darul Haq, Jakarta, Cetakan V
  • Ritual Sunnah Setahun, Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas خفظه الله , cetakan Media Tarbiyah – Jakarta

Artiket terkait:

Advertisements